Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) dan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) HISFARSI

Dalam rangka menciptakan pelayanan kefarmasian yang berkualitas sesuai dengan standar, serta memfasilitasi instalasi farmasi RS dalam upaya persiapan menghadapi akreditasi/reakreditasi RS, Pengurus Pusat Himpunan Seminat Farmasi Rumah Sakit Indonesia – Ikatan Apoteker Indonesia  (HISFARSI PP IAI) menyelenggarakan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) dengan tema “Facilitating Pharmacist in Providing Comprehensive Hospital Pharmacy Services”.

Hifarsi3Kegiatan PIT ini dirangkai dengan kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) HISFARSI tahun 2017 dilaksanakan di Hotel Aruna Senggigi Lombok Nusa Tenggara Barat pada tanggal 3 – 6 Mei 2017.

Pilihan Lombok sebagai tempat PIT Hisfarsi tahun 2017 ini membuat antusias kalangan farmasis rumah sakit untuk hadir, terbukti total peserta yang hadir sebanyak 1.200 orang melebihi  target yang hanya 800 orang.  Hal ini sangat dimaklumi karena Lombok saat ini menjadi tujuan wisata yang sangat menarik.

Hisfarsi Peserta 2Adapun latar belakang pemilihan tema tersebut sesuai yang tertulis di hisfarsintb.org adalah :

Perkembangan dan adanya tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang komprehensif dapat menjadi peluang sekaligus merupakan tantangan bagi Apoteker untuk meningkatkan kompetensinya.  Apoteker yang bekerja di Rumah Sakit (RS) dituntut untuk mewujudkan perluasan paradigma Pelayanan Kefarmasian dari orientasi produk menjadi orientasi pasien.  Untuk itu kompetensi Apoteker perlu  ditingkatkan secara kontinu agar perubahan paradigma tersebut dapat diimplementasikan.

Kompetensi Apoteker yang bekerja di Rumah Sakit secara garis besar meliputi kemampuan mengelola sediaan farmasi dan alkes sesuai standar yang berlaku, melakukan praktik pelayanan farmasi klinik dan tetap mengikuti perkembangan Iptek yang berhubungan dengan kefarmasian.  Dengan kompetensi yang dimiliki, Apoteker diharapkan berperan aktif dalam peningkatan pelayanan kefarmasian.

hisfarsi senjen IAI hisfarsi 6

Di samping untuk meningkatkan koordinasi dan konsolidasi internal organisasi, minat para peserta terhadap acara ini adalah lebih utama karena adanya Pertemuan Ilmiah Tahunan.  Dari berbagai sumber menjelaskan bahwa            out put pertemuan ilmiah ini adalah peningkatan kualitas tenaga apoteker atau farmasi di Rumah Sakit. Dalam pertemuan itu, para peserta akan mengikuti rangkaian pembelajaran dan seminar di akhir kegiatan akan melahirkan sertifikat bagi seluruh peserta.

HB1 HB2

Menjelang pembukaan, panitia lokal menyelenggarakan Welcome Dinner untuk menyambut seluruh peserta, yang diselenggarakan di pinggir pantai area Hotel Aruna, yang belum genap 1 tahun beroperasi.  Sembari menyantap hidangan, peserta disajikan materi seminar dari Bapak Harry Bagyo, Apoteker dan juga sebagai Presiden Komisaris PT Widatra Bhakti dengan tema Comprehensive Communication Skill For Pharmacist.   Hadir juga  Bupati Lombok Barat Bapak H. Fauzan Khalid memberi sambutan dan  menyampaikan ucapan Selamat Datang di Pulau Seribu Masjid kepada seluruh peserta.  Dan tak ketingalan peserta dihibur dengan aneka tarian khas Suku Sasak dan aneka kuis yang dipandu oleh seorang MC kawakan di NTB.

HB6 Hisfarsi Peserta 4

Pembukaan acara ini dilakukan pada tanggal 4  Mei 2017 di hadiri oleh Sekwilda Lombok Barat mewakili Bupati, Ibu Linda Maura Sitanggang Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Pengurus Hisfarsi Pusat dan Pengurus IAI  Pusat.

HB5 Hisfar2

PIT Hisfarsi ini juga lakukan pameran produk produk produk  kesehatan dari berbagai produsen  yang selama ini  menunjang kerja dari para famasis di Rumah Sakit.  Ada krang lebih 20 stand booth yang salah satunya adalah PT Widatra Bhakti produsen cairan infus terbesar di Indonensia yang produk produknya tersedua dalam program e-catalogue obat.